Capaian Pembelajaran

1)    Capaian Pembelajaran Sikap:
Setiap lulusan program Pendidikan Fisika harus memiliki sikap sebagai berikut:
1.       bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.       menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
3.   berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4.  berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6.       bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7.       taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8.       menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9.       menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10.    menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11.    menginternalisasi sikap kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
2)       Capaian Pembelajaran Pengetahuan:
1.       Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium maupun di luar laboratorium.
2.       Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik.
3.       Menguasai teori/model pembelajaran untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi  pembelajaran fisika sesuai perkembangan peserta didik.
4.       Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait
5.       Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika
6.       Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel,
3)       Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum:
1.   mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2.       mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3.  mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.      menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5.   mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6.       mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7.   mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;
4)       Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus:
1.a   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan.
1.b   Mampu menerapkan asesmen dalam pembelajaran, mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua.
1.c    Mampu  memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran.
1.d Mampu melakukan praktikum baik yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional maupun secara instrumentasi fisika.
1.e  Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat berdasar hasil kajian/penelitian bidang pendidikan fisika.
2.   Mampu mengambil keputusan dan memberi penyelesaian masalah pendidikan fisika secara tepat berdasarkan data dan informasi yang akurat baik secara  mandiri atau kelompok.
3.    Mampu mengelola suatu unit/lembaga/satuan pendidikan dan mampu bertanggung-jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja unit/lembaga/satuan pendidikan