1)
Capaian
Pembelajaran Sikap:
Setiap
lulusan program Pendidikan Fisika harus memiliki sikap sebagai berikut:
1.
bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2.
menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan
etika;
3. berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
6.
bekerja sama
dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
7.
taat hukum
dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8.
menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
9.
menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10.
menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11.
menginternalisasi
sikap kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
2)
Capaian
Pembelajaran Pengetahuan:
1.
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan
keselamatan kerja/belajar di laboratorium maupun di luar laboratorium.
2.
Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta
didik.
3.
Menguasai teori/model pembelajaran untuk merancang, melaksanakan,
dan mengevaluasi pembelajaran fisika
sesuai perkembangan peserta didik.
4.
Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu
Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait
5.
Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses
dan hukum fisika
6.
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta
penerapannya secara fleksibel,
3)
Capaian
Pembelajaran Keterampilan Umum:
1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2.
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai
dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi
saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam
bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi;
5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian
masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6.
mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan
pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan
melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada
pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;
4)
Capaian
Pembelajaran Keterampilan Khusus:
1.a Mampu merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran
siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar
proses dan mutu yang ditetapkan.
1.b Mampu menerapkan asesmen dalam
pembelajaran, mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai
balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua.
1.c Mampu
memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama
untuk pembelajaran.
1.d Mampu melakukan praktikum baik
yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional
maupun secara instrumentasi fisika.
1.e Mampu secara efektif
mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk
media kepada masyarakat berdasar hasil kajian/penelitian bidang pendidikan fisika.
2. Mampu mengambil keputusan dan
memberi penyelesaian masalah pendidikan fisika secara tepat berdasarkan data
dan informasi yang akurat baik secara
mandiri atau kelompok.
3. Mampu
mengelola suatu unit/lembaga/satuan pendidikan dan mampu bertanggung-jawab pada
pekerjaan sendiri serta dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja
unit/lembaga/satuan pendidikan